selamat datang di Indonesia, negeri tercantik sejagat raya. lihatlah keindahan, budaya, insan, kuliner, wisata, keunikan dan apa saja tentang Indonesia

Selasa, 17 Mei 2011

Desa Adat Tenganan Bali


Desa Adat Tenganan adalah salah satu dari Bali Aga atau Bali Mula atau Bali Asli. Salah duanya adalah Desa Adat Trunyan. Lihatlah foto diatas. Saya benar2 terpesona melihat mahakarya Sang Masterpiece,,terimakasih Tuhan, atas segala ciptaanMu yg indah.


Secara topografi Desa Tenganan terletak diantara perbukitan di timur Bali, masuk dalam Kabupaten Karangasem. Jarak tempuh kurang lebih 17km dari Ibu Kota Kabupaten Amplapura , atau sekitar 65km dari Ibu Kota Propinsi Denpasar. Jangan bayangkan perjalanan panjang yg amat melelahkan, tapi sepanjang jalan akan disuguhkan pemandangan yg sangat indah.

Lalu kenapa sih disebut Bali Aga? Karena Tenganan mempunyai pola kehidupan masyarakat yg berbeda dari desa2 Bali daratan lainnya. Adapaun bbrp keunikan yg dimiliki Tenganan sehingga kita wajib berkunjung adalah :
1. Sistem ritual khusus dalam frekuensi tinggi , dengan menyuguhkan perpaduan agama, seni dan solidaritas sosial. Contohnya dalam gambar dibawah :

2. Tradisi mekare-kare setiap bulan Juni yaitu tradisi perang pandan dalam kontek ritual, nilai religius, semangat perjuangan dan uji ketangguhan fisik yang diiringi oleh gambelan tradisional selonding. Contohnya seperti gambar dibawah :

3. Seni kerajinan tenun ikat kain geringsing dengan design dan tata warna khas, serta memiliki bentuk, fungsi dan makna estetis yang tinggi. Kain ini dipakai pada waktu upacara dimana dipercaya dengan memakai kain ini akan terhindar dari penyakit. Kata Geringsing sendiri berasal dari bahasa Bali yaitu “gering” yang berarti penyakit keras dan “sing” berarti tidak.
Ini contohnya :

Masyarakat dan kebudayaan Tenganan merupakan tempat yang kaya bagi kajian ilmu antropologi, arkeologi, hukum adat sejarah dan sastra dengan penduduk kurang lebih 550 jiwa. 

Jadi yuk jalan2 ke Desa Adat Tenganan, tentu saja bersama kami Best Of Bali Transport.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar