selamat datang di Indonesia, negeri tercantik sejagat raya. lihatlah keindahan, budaya, insan, kuliner, wisata, keunikan dan apa saja tentang Indonesia

Minggu, 22 Mei 2011

Nyadran, Tradisi Jawa Jelang Ramadhan

Nyadran adalah tradisi lama yang sampai saat ini masih sering dilakukan masyarakat Jawa, tradisi ini dilakukan saat menjelang bulan puasa. Bagi masyarakat Jawa, kegiatan tahunan yang bernama nyadran atau sadranan merupakan ungkapan refleksi sosial-keagamaan.


Hal ini dilakukan dalam rangka menziarahi makam para leluhur. Ritus ini dipahami sebagai bentuk pelestarian warisan tradisi dan budaya para nenek moyang. Nyadran dalam tradisi Jawa biasanya dilakukan pada bulan tertentu, seperti menjelang bulan Ramadhan, yaitu Sya'ban atau Ruwah.
Nyadran dengan ziarah kubur merupakan dua ekspresi kultural keagamaan yang memiliki kesamaan dalam ritus dan objeknya. Perbedaannya hanya terletak pada pelaksanaannya, di mana nyadran biasanya ditentukan waktunya oleh pihak yang memiliki otoritas di daerah, dan pelaksanaannya dilakukan secara kolektif.


Tradisi nyadran merupakan simbol adanya hubungan dengan para leluhur, sesama, dan Yang Mahakuasa atas segalanya. Nyadran merupakan sebuah pola ritual yang mencampurkan budaya lokal dan nilai-nilai Islam, sehingga sangat tampak adanya lokalitas yang masih kental islami.


Budaya masyarakat yang sudah melekat erat menjadikan masyarakat Jawa sangat menjunjung tinggi nilai-nilai luhur dari kebudayaan itu. Dengan demikian tidak mengherankan kalau pelaksanaan nyadran masih kental dengan budaya Hindhu-Buddha dan animisme yang diakulturasikan dengan nilai-nilai Islam oleh Wali Songo.


Pada kebiasaannya tradisi nyadran dengan berupa ziarah ke makam leluhur dengan berdoa bersam, membersihkan makam dan dirumah biasanya diadakan kenduru/kondangan dengan cara makan makan bersama lingkungan, ada juga yang memasak apem ( apeman) juga jajanan pasar.

2 komentar:

  1. fotonya bagus-bagus. acaranya menarik. tapi nggak jelas ini lokasinya di mana? boleh share detailnya? tertarik untuk meliput. tolong email ke: db.newslink@gmail.com atau sms ke 0812 14445551

    Trimakasih.

    BalasHapus
  2. di Kecamatan Cepogo, yaitu Desa Sambungrejo, Desa Clolo, Desa Ngepos, Desa Ngluntung dan Desa Bendosari Boyolali, Jawa Tengah. tk's sudah mampir

    BalasHapus