selamat datang di Indonesia, negeri tercantik sejagat raya. lihatlah keindahan, budaya, insan, kuliner, wisata, keunikan dan apa saja tentang Indonesia

Selasa, 17 Mei 2011

Suku Mentawai Di Sumatera Utara

Suku Mentawai adalah salah satu rumpun dari Proto Malayan, yang berdiam dan hidup di kepulauan Mentawai. Kepulauan Mentawai terdiri dari pulau Siberut, pulau Sipora, pulau Pagai Utara dan pulau Pagai Selatan.
Pulau Siberut walau paling besar tetapi penduduknya paling sedikit dibanding ketiga pulau lainnya. Agama asli suku Mentawai adalah Sabulungan, tetapi saat ini telah memeluk agama Kristen Protestan dan Kristen Katholik.

Masyarakat Mentawai sendiri percaya bahwa nenek moyang mereka berasal dari pulau Nias Selatan, yang mendarat di daerah Simatalu pantai barat pulau Siberut. Secara budaya suku Mentawai berbeda dengan suku Nias, walau dari segi anthropologi sama dengan suku Nias.



Kemungkinan dahulu suku Mentawai hidup berdampingan dengan suku Nias, tetapi karena pertumbuhan penduduk suku Nias yang demikian pesat, sehingga suku Mentawai terdesak ke pesisir dan akhirnya menyeberang ke pulau Siberut dan pulau-pulau sekitarnya.
Banyak anggapan tentang asal-usul suku Mentawai.
Salah satunya seorang peneliti beranggapan bahwa suku Mentawai termasuk ke dalam rumpun bangsa Polinesia.

Peneliti lain mengatakan suku Mentawai masuk ke dalam rumpun sukubangsa Proto Malayan seperti suku Batak dan suku Nias yang menyeberang dari daerah asalnya pada gelombang pertama penyebaran Proto Malayan ke pulau-pulau sebelah barat Sumatra.

Saat ini, Mentawai dapat diakses melalui dua jalur yaitu jalur laut dan udara., Mentawai dapat dicapai dengan kapal cepat selama 4 jam atau feri antarpulau selama 10 jam. Selain itu tersedia 46 kapal pesiar mini yang bisa disewa selama berada di Mentawai. Setelah sempat ditutup pada Maret 1999, penerbangan rute Padang-Mentawai kembali dibuka pad 2007. Penerbangan Bandara Minangkabau-Bandara Rokot yang menempuh waktu 35 menit ini dilayani tiap Selasa dan Kamis oleh Sabang Merauke Air Charter
Mentawai adalah surga bagi mereka yang menyebut dirinya surfer sejati. Setiap saat Mentawai akan selalu setia menunggu kedatangan mereka dan akan selalu memberikan yang terbaik bagi setiap mereka yang datang. Anda Tertarik….???

Tidak ada komentar:

Posting Komentar