selamat datang di Indonesia, negeri tercantik sejagat raya. lihatlah keindahan, budaya, insan, kuliner, wisata, keunikan dan apa saja tentang Indonesia

Jumat, 03 Juni 2011

San Diego Hills Karawang, Jawa Barat


Merinding setiap kali melihat kuburan atau tempat pemakaman, kesan menyeramkan dan terasa angker begitu melekat pada tempat ini. Padahal kita semua akan merasakan berada didalamnya, iihhh….membayangkannya saja rasanya belum siap dan takut sekali jika tiba-tiba harus menjadi salah satu penghuninya. Namun kesan seram dan angker, sama sekali tidak akan kita rasakan saat berada di San Diego Hills. Sebaliknya kita tidak akan berhenti berdecak kagum, melhat pemakaman berkelas International yang berdiri di tanah seluas 500 Ha ini. Ya, ini adalah kuburan tempat mengubur orang-orang yang telah meninggal, dikelola dan dibangun sedemikian megah oleh PT.Lippo Karawaci Tbk.



San Diego Hills Memorial Parks and Funeral Homes merupakan kawasan pemakaman pertama di dunia yang menawarkan kelengkapan fasilitas dan layanan berkualitas. Disini selain tempat pemakaman eksklusif, ada danau seluas 8 Ha., kapel, musholla, restoran Italia, jogging track, kolam renang, florist & gift shop, padang rumput asri yang menyerupai bludru atau karpet raksasa, hingga gedung serba guna, yang bisa digunakan untuk resepsi pernikahan, restorant dan bisa juga menjadi alternative tempat berwisata. Wow! wisata di kuburan, di kawasan pemakaman seindah ini sepertinya bukan lagi sesuatu hal yang tidak lazim dilakukan.

Bangunan dengan mengambil model dari Forest Lawn Cemetery di California yang sangat terkenal di seluruh dunia ini, Selain memiliki pemandangan yang asri seperti padang rumput yang menyerupai karpet raksasa tadi, ada juga bunga-bungaan dan pepohonan yang terawat dengan rapi dan indah, tempat yang sangat bersih dan memiliki keamanan selama 24 jam dan 7 hari seminggu. Pemakaman ini juga menyediakan lahan pemakaman untuk semua golongan iman dan kepercayaan, bayangkan harga termurah untuk bisa dimakamkan disini sekitar cuma 8 juta rupiah.


Prosesi pemakamannya pun sudah diatur oleh Event Organiser, diatur sedemikian rupa sesuai dengan kepercayaan masing-masing, dilengkapi dengan berbagai sarana dan prasarana modern dan dengan design yang indah dan ukuran maupun type yang tersedia sesuai dengan keinginan keluarga. Pemakamannya berjejer rapi, tanpa ada nisan-nisan kayu, arca atau kicing-kicing yang menyeramkan seperti pemakaman umum yang biasa kita lihat.


Di berbagai sudut bukit tampak rerumputan menghampar. Di sanalah lahan-lahan pekuburan tertata rapi sedemikian rupa, dengan berbagai ukuran dan bentuk. Malah, beberapa makam menyuguhkan desain dan arsitektur yang khas. Di kawasan lahan pekuburan Muslim misalnya, sebuah lahan kuburan keluarga dibangun menyerupai gazebo bergaya minimalis yang dikelilingi taman. Lahan pekuburan ini berada di puncak sebuah bukit. Di bawahnya berjajar pula kuburan-kuburan Muslim yang didesain asri. Khusus untuk pekuburan Muslim, pihak SDH kini tengah membangun area taman yang dinamakan Five Pilar Garden. Penamaan ini merujuk pada 5 Rukun Islam. Jadi, konsep dan desain taman dan bangunannya akan tetap mengacu pada 5 Rukun Islam dan lahannya akan mengarah ke kiblat. Taman ini dibangun di atas lahan 25 hektar. Selain pekuburan Muslim, di sudut lain terlihat pula lahan pekuburan khusus untuk umat Nasrani, warga Tionghoa, dan pekuburan untuk pahlawan. Sejumlah pekuburan ini ditata sesuai dengan selera pemilik lahan.


SDH mulai dibangun pada Juli 2006 dan diresmikan pada Januari 2007, dengan menyiapkan lahan seluas 500 hektar.
Lokasinya yang jauh dari hiruk pikuk keramaian kota, membuat SDH disukai orang-orang yang membutuhkan relaksasi. Untuk memperindah dan membuat teduh kompleks pemakaman, di SDH kini sedang ditanam sekira 4.000 pohon pinus. Penanaman pohon pinus ini merupakan bukti pencanangan ‘go green’ yang belakangan ini sering didengung-dengungkan. Jika pohon-pohon ini tumbuh dewasa, kelak SDH menjadi area pemakaman yang sejuk, teduh, dan kian indah. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar