selamat datang di Indonesia, negeri tercantik sejagat raya. lihatlah keindahan, budaya, insan, kuliner, wisata, keunikan dan apa saja tentang Indonesia

Kamis, 04 Agustus 2011

Pulau Jemur Di Rokan Hilir, Riau

Pulau Jemur adalah sebuah pulau milik Indonesia. Pulau ini terletak di Selat Malaka, dekat dengan perbatasan Malaysia. Pulau Jemur termasuk dalam wilayah administratif Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau, Indonesia. Letaknya sekitar 72,4 km dari Bagan Siapi-api dan 64,3 km dari Pelabuhan Klang di Malaysia. Pulau Jemur merupakan pulau terluas (2,5 ha) yang berada dalam gugusan Kepulauan Arwah yang terdiri dari 9 pulau. Pulau lainnya seperti Tokong Emas, Tokong Simbang dan Labuhan Bilik.

Pulau ini memiliki potensi objek wisata yang menarik untuk dikunjungi , salah satunya adalah penangkaran penyu hijau yang berfungsi untuk melindungi satwa penyu hijau karena penyu-penyu tersebut naik ke pantai dan bertelur, penyu tersebut menyimpan telurnya di bawah lapisan pasir-pasir pantai, satwa langka ini dapat bertelur 100 sampai 150 butir setiap ekornya. Perairan di sekitar pulau ini terkenal sebagai daerah penghasil ikan yang kaya dengan terumbu karang.


Pulau Jemur juga mempunyai nilai historis lantaran selama Perang Dunia II, Jepang membangun pertahanan di pulau ini. Sisa-sisa peninggalan Jepang di Pulau Jemur di antaranya adalah Goa Jepang dan menara suar peninggalan Jepang. Juga terdapat Batu Panglima Layar. Pulau Jemur tidak berpenghuni dan hanya menjadi tempat persinggahan bagi nelayan yang sedang melaut. Sebuah pos TNI-AL didirikan di pulau ini untuk kepentingan pengamatan dan navigasi.

Tidak terlalu banyak informasi yang dapat digali tentang pulau yang secara astronomi berada di titik kordinat 2.52’.10” LU dan 100.34’ BT ini. Tidak mengherankan, karena tidak sedikit pulau-pulau di Indonesia yang bernasib sama, bahkan lebih parah; tidak dikenal.

Untuk akomodasi dan fasilitas di pulau ini juga sangat terbatas, di pulau ini hanya terdapat bangunan mesjid yang cukup bersih dan nyaman yang bisa anda manfaatkan. Selain itu juga terdapat sebuah taman kecil yang berada persis di pinggiran garis pantai. Suasana rileks dan tenang ditambah belum adanya signal operator handphone membuat anda akan melupakan semua kerumitan aktivitas sehari-hari. Luangkan waktu untuk menikmati. Untuk anda yang berniat untuk menginap di pulau ini harus berkemah, selain itu juga harus membawa bekal makanan sendiri karena pulau ini tidak berpenghuni, dan yang pasti pulau ini tidak memiliki restaurant.


Kawasan Pulau Jemur terletak lebih kurang 45 mil dari ibukota Kabupaten Rokan Hilir, Bagansiapiapi dan 45mil dari negara jiran yakni Malaysia, sedangkan Propinsi Sumatera Utara merupakan propinsi yang terdekat dari Pulau Jemur . Transportasi menuju pulau ini cukup sulit disamping belum dibangunnya dermaga di pulau ini.Selain menyewa kapal nelayan, anda juga bisa menggunakan jasa penyewaan speedboat yang bisa mengisi 60-100 penumpang tergantung besar kecilnya speedboat. Perjalanan dari pelabuhan Bagansiapiapi membutuhkan waktu 2 jam.

1 komentar: