selamat datang di Indonesia, negeri tercantik sejagat raya. lihatlah keindahan, budaya, insan, kuliner, wisata, keunikan dan apa saja tentang Indonesia

Minggu, 14 Agustus 2011

Tinutuan Bubur Khas Manado

Tinutuan adalah bubur manado, salah satu makanan khas dari daerah Manado yang memiliki cipta rasa yang khas. makanan ini sama seperti bubur lain yang bahan dasarnya berupa nasi yang kemudian diolah menjadi bubur. makanan ini terlihat sangat unik dibandingkan bubur lain, karena bubur ini dicampur dengan sayur kangkung,jagung,labu,dan tak lupa ditaburkan sedikit bawang goreng untuk penyedap rasa.
 

Makanan ini bisa kita temukan di seluruh restaurant manado yang ada di mana saja. Makanan ini akan terasa lebih nikmat jika dicampurkan dengan sambal khas manado yang biasa disebut dabu-dabu dan tak lupa ditambahkan dengan ikan asin atau ikan cakalang agar bubur manado bisa lebih nikmat rasanya. Bubur manado ini dapat memuaskan konsumen. Hanya dengan 1 piring saja kita sudah puas karena isinya yang banyak dan padat mengingat bubur ini berbahan dasar dari nasi. Harus diketahui bubur manado ini juga hemat karena harganya murah dan terjangkau.


Resep Bubur Manado dibuat kira-kira 1 jam, dari persiapan sampai matang.
Bahan
150 gr beras
2,5  liter air
1 lembar batang sereh
Jahe kupas secukupnya
1 buah wortel sayur parut
1 buah jagung (sisir)
2 ikat daun kangkung
2  ikat daun bayam
100 gr waluh/ubi (jika suka)
1  ikat daun kemangi segar
ikan cakalang (kalau tidak ada cukup ikan tongkol asap) sesuai selera
100 gr daging sandung lamur
100 gr ikan teri medan
garam secukupnya
Cara Buat:
rebus air hingga mendidih, masukkan daging sandung lamur yang sudah dipotong kecil
masukkan beras bersih yang sudah dicuci,  tambahkan daun sereh dan jahe, aduk hingga beras menjadi bubur.
Masukkan jagung, ikan, sayuran lain, dan terakhir daun kemangi. Aduk hingga matang. Sajikan dengan ikan teri goreng atau ikan asin goreng, jangan lupa pakai sambal terasi. Hmmmmm rasanya enakkkk banget.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar