selamat datang di Indonesia, negeri tercantik sejagat raya. lihatlah keindahan, budaya, insan, kuliner, wisata, keunikan dan apa saja tentang Indonesia

Kamis, 04 Agustus 2011

Danau Batur Bangli, Bali

Danau Batur terletak di Kabupaten Bangli, Danau Batur adalah danau terbesar di Bali, menempati dasar Kaldera di sebelah timur dan tenggara Gunung Batur yang menyerupai bentuk bulan sabit, panjangnya kurang lebih 7,5 Km, lebar kurang lebih 2,5 Km, keliling 22 Km, luas 16 Km dan tinggi muka air danaunya 1031 m di atas permukaan laut dengan kedalaman airnya diperkirakan mencapai 70 meter dan mengandung air sebanyak 815,38 juta meter kubik. Danau Batur di Bali mempunyai suatu latar belakang yang ajaib dan suatu lokasi yang sempurna. Terbentuk dari kawah tua sisa ledakan Gunung Batur yang diperkirakan terjadi sekitar puluhan ribu tahun lalu.


Desa-desa yang terletak di pinggir Danau Batur adalah Desa Songan, Trunyan, Abang, Buahan dan Kedisan. Masyarakat umat Hindhu memfungsikan Gunung dan Danau Batur sebagai suatu tempat suci, oleh karena dalam sastra-sastra agama seperti dalam Usana Bali, Raja Purana Ulundanu Batur dan Padma Buana, Gunung dan Danau Batur itu dinyatakan sebagai “Linggih atau Sthana dari Betari Dewi Danuh atau Betari Ulun Danu” sebagai manifestasinya dari pada Dewa Wisnu sebagai saktinya, serta lazim pula dalam lontar-lontar dinamakan Sang Hyang Girinata dan Sang Hyang Giriputri.


Danau Batur merupakan sumber air bagi sebagian masyarakat Bali Selatan. Oleh karena perannya yang penting ini maka di Danau Batur sering dilakukan upacara keagamaan, misalnya pekelem untuk memohon kemakmuran terutama terkait dengan kegiatan pertanian. Danau Batur berbentuk bulan sabit, sejak dulu juga dimanfaatkan sebagai sumber air pertanian oleh masyarakat sekitar. Lokasinya yang berada di atas 1.000 meter di atas permukaan laut membuat area pertanian sekitar yang mayoritas ditanami sayur mendapatkan kebutuhan air yang cukup.


Danau Batur adalah tempat yang menarik perhatian untuk dikunjungi. Letaknya berbatasan dengan orang Aga Bali yang berada di Trunyan. Danau Bratan adalah danau kedua paling besar di Bali. Letaknya dekat dengan kota Bedugul. Danau Buyan dan Danau Temblingan adalah juga danau indah lainnya di Bali. Jika anda tertarik menangkap kecantikan dari Danau Batur di Bali melalui lensa foto, maka anda dapat melakukan perjalanan dari kota Kintamani, yang menawarkan pemandangan indah yang brilian kearah danau itu.


Danau ini mempunyai lokasi yang menakjubkan, berada di kawasan wisata yang terkenal. Sebelah kiri danau adalah gunung tertinggi nomer dua di Bali, Gunung Batur. Sebelah kanan adalah Desa Bali Aga yang fenomenal berkat tradisi unik penguburan mayatnya, desa Trunyan. Sebelah selatannya tempat wisata yang sangat cocok untuk melihat keindahan alam Bangli Bali dari ketinggian yaitu Penelokan. Sementara sebelah utara adalah hutan alam Bali yang masih asri. Bagaimana tidak terkenal, kawasan ini menjadi salah satu paket wisata alam Bali yang paling terkenal, asri dan sudah tentu menganggumkan.


Untuk mencapai danau Batur, Anda bisa mencapainya dengan dua jalur. Jika Anda berangkat dari bandara, maka Anda bisa melewati Batubulan ke utara langsung menuju Payangan, terus lurus hingga bertemu dengan desa Bayung. Dari desa Bayung Gede, Anda bisa mengambil jalur naik dan akhirnya tembus di sebelah barat danau. Jalur kedua dengan meelwati Ubud, lalu ke Tampak Siri dan akhirnya lurus ke utara. Lewat jalur ini, maka Anda akan tembus tepat di Penelokan. Kawasan ini sudah dilengkapi dengan fasilitas lengkap, mulai dari jalan yang lebar dan beraspal, warung makan, hotel hingga art shop-art shop pinggir jalan. Selain itu ada pula pedagang kaki lima yang menjajakan barang kesenian, jasa tato tidak permanen serta kipas-kipas kecil yang cantik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar