selamat datang di Indonesia, negeri tercantik sejagat raya. lihatlah keindahan, budaya, insan, kuliner, wisata, keunikan dan apa saja tentang Indonesia

Rabu, 03 Agustus 2011

Gunung Dempo Lahat, Sumatera Selatan

Gunung Dempo adalah gunung tertinggi di Sumatra Selatan, yakni setinggi 3.195 meter di atas permukaan laut (dpl). Gunung Dempo tergolong sebagai gunung berapi aktif dan masih sering mengeluarkan asap dengan menyemburkan sedikit lumpur ke dataran rendah di bawahnya. Gunung ini masuk dalam jajaran Pegunungan Bukit Barisan yang memiliki dua puncak, yaitu Gunung Dempo dan Gunung Marapi. Gunung Dempo adalah salah satu obyek wisata alam yang berada Kabupaten Lahat Sumatera Selatan.Kawasan Gunung Dempo merupakan satu-satunya lokasi wisata gunung di Sumatra Selatan. Di kawasan hutan menuju puncak Gunung Dempo terdapat sungai kecil dengan airnya yang jernih. Para pendaki dapat memanfaatkan air sungai ini sebagai air minum selama perjalanan. Untuk mendaki, pengunjung harus melalui kawasan hutan dengan menelusuri jalan setapak yang dipenuhi dengan akar-akar pepohonan besar yang melintang. Keadaan hutan ini lebat dan sunyi, sehingga sesekali dapat didengar suara kicauan burung-burung.
 

Gunung Dempo merupakan tujuan wisata yang paling terkenal dari kabupaten Lahat Gunung Dempo termasuk wilayah kota Pagaralam. kota Pagaralam dapat ditempuh dengan berkendara selama 6-7 jam dari Ibukota propinsi Sumatra Selatan Palembang. Wisatawan dapat menyewa kendaraan dari Kota Palembang maupun menggunakan bus dan angkutan umum dari terminal bis di kota Palembang sepanjang perjalanan wisatawan akan menikmati pemandangan berupa hijaunya gunung dan perbukitan,sungai,persawahan dan perumahan warga. Jalan yang dilalui merupakan jalur penghubung propinsi Sumatra Selatan dengan propinsi Bengkulu dan banyak dilewati bus-bus antar propinsi serta truk pengangkut komoditi maupun truk trailer kondisi jalan yang dilewati bagus dan cukup lebar dua arah saat malam ketika lampu penerangan dinyalakan merupakan pemandangan yang indah dengan latar belakang kawasan perbukitan bukit barisan.


Terdapat banyak pilihan menginap di Gunung Dempo bagi wisatawan dari jenis backpacker maupun keluarga dengan sarana dan fasilitas serta harga yang beragam.Salah satu pilihan wisatawan menginap di sini adalah Villa Gunung gare yang terletak dibawah kaki gunung Dempo. dari sini gunung Dempo yang menjulang tinggi perkasa nampak terlihat jelas.villa gunung gare memiliki beberapa tipe kamar maupun rumah dengan gaya bangunan adat Sumatra Selatan bergaya panggung yang tepat dihuni oleh rombongan besar maupun keluarga.
 
Di belakang Villa Gunung Gare merupakan perkebunan teh yang dikelola PTPN.pilihan terbaik bagi pecinta wiastawan mengambil foto adalah pagi hari saat matahari baru terbit dengan Genung Dempo sebagai latar belakang dan kabut yang menyelimutinya perlahan-lahan terhapus maupun sore hari saat matahari terbenam pengunjung dapat menelusuri jalan kecil di perkebunan teh dan menghirup aroma pagi yang menyegarkan.bagi yang menyukai trekking atau pendakian gunung juga menjadikan gunung Dempo sebagai tujuan mereka.

Di antara para pendaki gunung, Gunung Dempo dikenal memiliki jalur menantang dengan lereng berliku - liku telah membuat Gunung Dempo menjadi favorit di antara para pendaki. Menegak segarnya air gunung, mendengar kicau burung dan suara hewan lainnya. Berhentilah sejenak untuk mengistirahatkan kaki dan punggung anda sambil menikmati suasanya alam dan udara yang segar merupakan pengalaman yang tidak terlupakan.Tidak ada yang bisa menandingi sensasi nikmatnya keberhasilan mencapai puncak gunung. Pendakian yang melelahkan akan terbayar dengan pemandangan yang luar biasa indahnya ditemani luasnya cakrawala di kejauhan. Pengalaman ini merupakan pengalaman yang tidak bisa dibayar dengan sejumlah uang. Anda akan menyaksikan kawah Gunung Dempo yang masih mengepul dan masih aktif. Suasana pemadangan yang anda abadikan di kamera anda merupakan piala atas keberhasilan anda mencapai puncak.Selain pemandangan gunung yang menantang ini, sisa - sisa budaya prasejarah juga dapat ditemukan di daerah tersebut. Ukiran batu dalam bentuk manusia, hewan dan lainnya tersebar di sepanjang lereng Gunung Dempo. Di dalam Pagar Alam juga terdapat pasar tradisional yang menjual berbagai barang lokal seperti teh, kopi, buah - buahan, dan lainnya yang layak untuk anda kunjungi.

Wisatawan dapat mencapai Lahat dan obyek wisatanya seperti Pagaralam,Gunung Dempo,Megalith Pulau Pinang dari Kota Palembang maupun dari kota bengkulu tapi akan lebih dekat dari Propinsi Bengkulu. Wisatawan dapat menggunakan transportasi udara dan mendarat di bandara Sultan Mahmud Badarrudin II kemudian melanjutkan perjalanan dengan mobil sewaan tarif sewa berkisar Rp 400.000,–Rp 500.000,-/hari. Wisatawan dapat juga menggunakan kendaraan umum berupa bus dari terminal bus kota Palembang. Perjalanan menuju Lahat membutuhkan waktu sekitar 6-7 jam. Terdapat banyak tempat makan maupun restoran serta pom bensin tapi akan lebih aman sebelum memasuki Lahat wisatawan sebaiknya mengisi penuh bensin karena begitu memasuki Lahat terutama di derah tempat peninggalan megalith sulit didapatkan pom bensin. Terdapat banyak penginapan di Gunung Dempo dengan berbagai harga maupun kenyamanan salah satu yang banyak direkomendasikan adalah Villa Gunung Gare kisaran dari Rp 200.000,–Rp 800.00,-/malam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar