selamat datang di Indonesia, negeri tercantik sejagat raya. lihatlah keindahan, budaya, insan, kuliner, wisata, keunikan dan apa saja tentang Indonesia

Selasa, 17 Mei 2011

Taman Nasional Komodo

Taman Nasional Komodo adalah sebuah taman nasional di Indonesia yang terletak di antara provinsi Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat. Taman ini meliputi tiga pulau besar yaitu pulau Komodo, Rincah dan Padar, dan 26 yang lebih kecil, dengan luas total 1.733 km ² (603 km ² berupa daratan). Taman nasional ini didirikan pada tahun 1980 untuk melindungi komodo, kadal terbesar di dunia. Kemudian ia didedikasikan untuk melindungi spesies lain, termasuk spesies laut, seperti hiu paus, mola-mola laut, pari manta, pari elang, kuda laut kerdil, pipefish, frogfish badut, nudibranch, gurita cincin biru, spons, tunicates, dan karang dan juga hutan mangrove. Pada tahun 1991 taman nasional ini dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.
Tempat tinggal bagi populasi liar lebih dari 5.000 komodo. Tour berjalan kaki dari Taman Nasional Pulau Komodo merupakan pengalaman yang luar biasa. Bau tanah yang terbakar matahari dan suara berdekut aneh dari, burung-burung eksotis magapode terbang akan tinggal bersama anda selama bertahun-tahun sesudahnya. Berjalan di dasar sungai kering, anda dapat melihat sarang naga yang seperti gua, waspadalah sekeliling kalau-kalau ada perampokan individu mendekat dari hutan.
Kegembiraan yang lain seperti saat anda mendekati tempat makan komodo, di mana guide dari taman nasional yang menyertai anda mungkin harus menangkis komodo penasaran dengan pentungan kayunya. kesempatan untuk melihat dan mengambil foto makhluk-makhluk luar biasa dan menakutkan, berhadapan muka, adalah sebuah pengalaman perjalanan tidak akan segera terlupakan. Scuba diving sangat populer di sini karena kita bisa melihat keanekaragaman hayati yang tinggi laut taman itu.

Bagi anda yang menginginkan perjalanan ke Taman Nasional Komodo, anda dapat mengunjunginya melalui perjalanan udara ke Bandara Komodo di Labuan Bajo menggunakan Lion Air atau Trans Nusa dari Bandara Internasional Denpasar di Bali. Di Pulau Komodo tersedia beberapa hotel yang mungkin cocok untuk anda kunjungi selama perjalanan anda. Mercure dan Sheraton adalah pilihan bagi anda yang ingin istirahat nyaman. Tetapi adalah mungkin bagi anda yang ingin berkunjung ke hotel lain seperti Hotel Jayakarta dan Bintang Flores.
Tersedia juga perjalanan ke Taman Nasional Komodo oleh kapal pesiar dalam tujuh atau sebelas malam ekspedisi berangkat dari pelabuhan Benoa di Bali ke Bima (Pulau Sumbawa), atau di arah yang berlawanan dari Bima ke Bali. Kapal pesiar ini juga tersedia sebagai tujuh atau ekspedisi malam mulai sebelas dan finishing di pelabuhan Bima.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar